Cristiano ‘Rocket’ Ronaldo Tercepat di Liga Inggris

Bicara mengenai kecepatan, Liga Premier Inggris memang dikenal memiliki karakter yang satu ini. Walau tidak lagi mengadopsi pola umpan-umpan jauh secara polos, gaya main kick and rush yang membutuhkan kecepatan dan stamina prima tetap melekat di klub-klub dan Timnas Inggris.

Lalu pertanyaannya, siapa pemain tercepat di level terelite atau premiership? Salah satu media  olahraga di Inggris, Sky Sports dan OPTA Sportsdata yang merupakan penyedia data performa olahragawan mengukur kecepatan maksimal dari setiap pemain dari sejumlah pertandingan yang dimainkan. Keduanya bekerjasama dengan penyedia perlengkapan olahraga, Nike.

Ada dua kategori yang menjadi ukuran. Kecepatan tanpa bola dan saat menggiring bola. Untuk kategori pertama, winger Manchester United, Cristiano Ronaldo tampil sebagai yang tercepat. Kecepatan maksimalnya mencapai 20,9 mil/jam atau 33,6 km/jam. Untuk kategori kedua Ronaldo juga terdepan dengan catatan waktu 20.8 mil/jam atau 33,4 km/jam. Jadi tidak salah jika bintang asal Portugal itu dijuluki Rocket Ronaldo.

Cristiano Ronaldo memang memiliki kecepatan tinggi sebagai pemain yang biasa beroperasi di sayap. Jadi, tak salah bila media di Inggris menobatkan pemain Manchester United itu sebagai pemain tercepat di kompetisi terbaik di Eropa itu.

Di posisi kedua ditempati striker Everton, Andrew Johnson. Untuk urusan top speed tanpa bola Johnson mencatat 33,1 km/jam. Menarik karena kecepatan maksimal striker internasional Inggris itu justru didapat ketika menggiring bola, yaitu 33,3 km/jam.

Tukang gedor Liverpool, Fernando Torres berada di urutan ketiga dengan catatan 32,9 km/jam dan 33,1 km/jam. Di posisi keempat dan kelima ditempati Kenwyne Jones (Sunderland) dan Ashley Young (Aston Villa). Urutan didasari dari akumulasi kecepatan dua kategori dan data dikeluarkan per pekan.

Berikut 10 pemain tercepat di Liga Premier (km/jam):
1. Cristiano Ronaldo—Man Utd: (33,6) dan (33,4)
2. Andrew Johnson—Everton: (33,1) dan (33,3)
3. Fernando Torres—Liverpool: (32,9) dan (33,1)
4. Kenwyne Jones—Sunderland: (33,3) dan (32,5)
5. Ashley Young—Aston Villa: (32,8) dan (32,6)
6. Aaron Lennon—Tottenham: (33,1) dan (31,5)
7. Cameron Jerome—Birmingham: (32,6) dan (32,3)
8. Shaun Wright-Phillips—Chelsea: (30,4) dan (34,1)
9. Jermain Defoe—Portsmouth: (32,8) dan (30,8)
10. David Bentley—Blackburn: (32,1) dan (31,8)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s